MANAJEMEN PEMBELAJARAN USHUL FIQH PADA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTABARU

AKBAR, KHAIRUL (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN USHUL FIQH PADA KELAS XI JURUSAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTABARU. Sarjana thesis, STIT Darul Ulum Kotabaru.

[thumbnail of HALAMAN AWAL] Text (HALAMAN AWAL)
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (290kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (601kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (455kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (224kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (203kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

KHAIRUL AKBAR, 2023. Manajemen Pembelajaran Ushul Fiqh Pada Kelas XI Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah(STIT) Darul Ulum Kotabaru. Pembimbing I Drs. H. Salman Basri, MM. Pembimbing II Drs. H. M. Fikripani A, MM
Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran
Skripsi ini mengangkat masalah tentang “ Manajemen Pembelajaran Ushul Fiqh Pada Kelas XI Jurusan Keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru” adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana manajemen pembelajaran pada mata pelajaran ushul fiqh, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi manajemen pembelajaran pada mata pelajaran ushul fiqh terhadap siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Guru Mata pelajaran ushul fiqh yang berjumlah 1 (satu) orang, objek penelitiannya adalah manajemen pembelajaran pada mata pelajaran ushul fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru. Penggalian data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, disertai dokumentasi. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan teknik editing, dan klarifikasi data, dan dianalisis secara desriptif kualitatif serta disimpulkan dengan mode induktif.
Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran pada pelajaran ushul fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru, meliputi perencanaan, yaitu mempersiapkan RPP, menentukan jadwal dan rencana, mempersiapkan lembar kerja peserta didik(LKPD), dan mempersiapkan kesiapan peserta didik. Pengelolaan, yaitu terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, pendidik dituntut untuk memiliki sejumlah kompetensi agar dapat melaksanakan tugasnya secara professional dan penuh tanggung jawab. Pengarahan, yaitu arahkan pengertian ginayat apa dasar hukum ginayat itu apa contoh perbuatan ginayat itu apa hukumnya di berikan kepada orang yang melanggar. Pengawasan, yaitu kepala sekolah itu hanya menyampaikan bahasa tentang buku misalnya sesuai kata SP kita harus memakai RPP seperti ini jadi kepala sekolah hanya menyampaikan dalam hal tujuan pembelajaran tujuan RPP. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor kurikulum, yaitu faktor kurikulum proses pembelajaran jenis pengetahuan yang dikembangkan di perguruan tinggi akan mempengaruhi isi pelajaran yang akan dikembangkan dalam kurikulum. Adapun faktor guru, yaitu guru yang memiliki daya dukung dapat dikatakan sebagai guru yang memiliki kualitas tinggi. faktor kepala madrasah, yaitu bertanggung jawab di sekolah. faktor pengawas, yaitu supervisor pihak yang memegang tanggung jawab untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 02 May 2023 08:13
Last Modified: 02 May 2023 08:13
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/119

Actions (login required)

View Item
View Item