PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTABARU

SA’ADAH, LAILI (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (273kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (584kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan suatu pembahasan tentang pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru.
Secara teori yang dimaksud dengan minat adalah kecendrungan untuk selalu memperhatikan dan mengingat sesuatu secara terus menerus. Sedangkan prestasi belajar siswa yang dicapai dalam proses pembelajaran yaitu nilai hasil pembelajaran siswa pada mata pelajara fiqih, jadi penelitian ini berfokus pada mata pelajaran fiqih, yang bertujuan untuk mengantarkan siswa agar lebih mengetahaui dan memahami tata cara yang berkaitan dengan perubahan seorang muslim baik yang berhubungan dengan Tuhan, manusia dan alam sehingga dapat tercapai tujuan pembelajaran.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri kotabaru tahun ajaran 2021/2022, dengan jumlah 268 siswa yang disample secara random sampling sebanyak 105 siswa.
Data tentang pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqh diperoleh berdasarkan angket yang diisi oleh siswa. Metode yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan taraf 5%. Dari hasil perhitugan dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh r hitung sebesar 0,804. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan df = 103 taraf signifikansi 5% adalah (0,804 > 0,195) berarti r hitung lebih besar dari r tabel. Sedangkan pada taraf signifikansi 1% (0,804 > 0,256).
Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara minat belajar siswa yang mana hasil r 0,804 yang dihibungkan dengan tabel product momen pada taraf 5% yaitu 0,195 mendapatkan hasil 0.609 yang kemudia dihubungkan pada tabel 3.5 halaman 21. Dari perhitungan ini berarti menunjukan terdapat korelasi yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran fiqh.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaan fiqh di Madrasah Aliyah Negeri Kotabaru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 21 Mar 2023 01:42
Last Modified: 21 Mar 2023 01:42
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item
View Item