PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KOTABARU

ISRADEA, ISRADEA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK N 1 KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (367kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (481kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (490kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB)

Abstract

Model pembelajaran yang inovatif merupakan salah satu faktor penting untuk keberhasilan seseorang dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu menumbuhkan perhatian siswa guna mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran jigsaw di SMKN 1 kotabaru, bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 kotabaru, dan bagaimana pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 1 Kotabaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rumusan masalah yang sudah ditentukan tersebut. Dalam skripsi ini penulis berhipotesis bahwa “Ada pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK N 1 Kotabaru”.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI di SMK N 1 Kotabaru pada tahun ajaran 2021-2022 dengan jumlah 335 siswa, disampel secara Probability Sampling dengan tipe Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 77 siswa. Dalam penggalian data penulis menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis kuantitatif yaitu penelitian ini menggunakan data berupa angka-angka. Kemudian data tersebut diolah melalui tahapan-tahapan, mulai dari editing, skoring sampai interpretasi data yaitu dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Setelah penulis mengadakan analisis data tersebut hasilnya menyatakan bahwa pengaruh model pembelajaran jigsaw di SMK N 1 Kotabaru dikategorikan cukup dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMK N 1 Kotabaru juga dikategorikan cukup. Dari kedua data tersebut, penulis menggunakan rumus korelasi Product Moment untuk mencari hubungan antara variable X (model pembelajaran jigsaw) dan variable Y (hasil belajar). Adapun hasil dari perhitungan Product Moment ini menunjukkan adanya pengaruh antara model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil r hitung lebih besar dari r tabel dalam taraf signifikan 5% (0,461 > 0,227) atau 1% (0,461 > 0,296), dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh , Model Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 20 Mar 2023 10:33
Last Modified: 20 Mar 2023 10:33
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item