PERAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU

FITRIYANI, MAULIDA (2022) PERAN ORANGTUA DALAM MEMBERIKAN BIMBINGAN BELAJAR DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 5 KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (114kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (624kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (764kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (453kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (476kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9kB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat masalah tentang “Peran Orangtua dalam memberikan Bimbingan Belajar Daring pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu”. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua dalam memberikan bimbingan belajar daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu dan fakor-faktor apa saja yang mempengaruhi peran orangtua dalam memberikan bimbingan belajar daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta memakai jenis pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh. Dalam penelitian kuantitatif, analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian adalah Jumlah Orangtua siswa di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 87 orangtua Siswa. Dari jumlah populasi tersebut dapat ditetapkan sebagai sampel penelitian adalah 87 orangtua siswa Kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu Tahun Pelajaran 2021/2022.
Dalam pelaksanaan penelitian ini digunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik pengolahan data berupa editing, tabulating, interpretasi data dan analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh. Dalam penelitian kuantitatif, analisis data lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Orangtua dalam memberikan bimbingan belajar daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu sebanyak 75,86% termasuk dalam Kategori Tinggi. Adapun, Faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam memberikan bimbingan belajar daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu antara lain yaitu Guru sebanyak 68,68%, Siswa sebanyak 71,55% dan Sarana dan prasarana sebanyak 71,83%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua, Bimbingan Belajar Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 18 Mar 2023 04:08
Last Modified: 18 Mar 2023 04:08
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item