KHAIRUNNISA, KHAIRUNNISA (2022) IMPLEMENTASI TADARUS TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MEMBACA AL-QUR’AN DI SDN 2 RAMPA KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (185kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (572kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (738kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (444kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (606kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (310kB)
Abstract
Tulisan ini memaparkan tentang Implementasi Tadarus Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDN 2 Rampa Kotabaru. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan tadarus terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an yang telah diperoleh dan proses pelaksanaannya di SDN 2 Rampa Kotabaru.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil tempat penelitian di SDN 2 Rampa Kotabaru dengan jumlah sampel 199 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, dokumentasi. Setelah data yang dikumpulkan terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, koding, klasifikasi, tabulating, dan interpretasi. Kemudian analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif.
Dengan demikian hasil penelitian bahwa pelaksanaan kegiatan tadarus Al-Qur’an yang dilakukan di SDN 2 Rampa Kotabaru ialah membaca surah-surah pendek sebelum memulai pelajaran yang dibimbing oleh guru. Dimulai dengan guru kemudian para murid mendengarkan dengan seksama lalu membacanya bersama-sama. Metode yang digunakan dalam tadarus adalah metode drill yang dilakukan rutin setiap hari sebelum memulai pelajaran. Implementasi Tadarus Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDN 2 Rampa Kotabaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor latar belakang pendidikan, faktor minat anak didik, faktor guru dan faktor lingkungan dikategorikan cukup.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Tadarus, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 07:43 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 14:12 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/25 |