LESTARI, LESTARI (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKAT PERILAKU ISLAMI SISWA DI SMP ISLAM AL-FAJAR KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTARAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (7kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. BAB I TARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (509kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB II TARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (446kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB III TARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (317kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB IV TARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (448kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB V TARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (297kB)
Abstract
Peran guru Pendidikan Agama Islam memiliki posisi sentral dalam membentuk perilaku siswa di sekolah, jika guru mampu mengarahkan siswa untuk berperilaku islami, bukan tidak mungkin di sekolah tersebut tercipta budaya perilaku islami. Pokok masalah yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa dan faktor apa saja yang mempengaruhi peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Islam Al-Fajar Kotabaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peranan guru pendidikan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Islam Al-Fajar Kotabaru dan faktor yang mempengaruhi peranan guru pendidikan agam islam tersebut.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, jenisnya deskriptif. Subjek penelitian adalah guru pendidikan agama islam yang berjumlah 2 orang dan objek penelitin adalah peranan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Islam Al-Fajar Kotabaru serta faktor yang mempengaruhinya. Data diperoleh dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Data diolah dengan teknik editing, klasifikasi dan interpretasi. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan cara induktif, yaitu mengambil kesimpulan dari khusus ke umum.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peranan guru pendidikan guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan perilaku islami siswa di SMP Islam Al-Fajar Kotabaru meliputi memberikan nasehat, memberikan contoh teladan dan memberikan pembelajaran pendidikan agama islam telah berjalan dengan baik. Adapun faktor yang mempengaruhinya meliputi latar belakang pendidikan guru, siswa dan lingkungan sudah cukup mendukung peranan guru pendidikan agama islam tersebut dalam meningkatkan perilaku islaminya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Islami |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 14 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 26 Mar 2023 10:01 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/15 |