YANTI, JULIHA (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDAN BUDI PEKERTI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMPIT AL IZZAH KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTARAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (187kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I YANTI REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (222kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II YANTI REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (667kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III YANTI REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (225kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV REVISI YANTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (565kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V YANTI REVISI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (196kB)
Abstract
Karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting. Oleh sebab itu diperlukan upaya guru dalam membentuknya. Adapun masalah yang diteliti adalah Karakter apa saja yang dikembangkan di SMPIT Al Izzah Kotabaru, bagaimana upaya yang dilakukan Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter siswa di SMPIT Al Izzah Kotabaru, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter siswa di SMPIT Al Izzah Kotabaru. Sedangkan tujuan penelitiannya adalah menjawab rumusan masalah yang sudah ditetapkan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menitik beratkan pada kualitas objek. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskritif yaitu menggambarkan secara objektif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang berjumlah satu orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Karakter yang dikembangkan di SMPIT Al Izzah Kotabaru, upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembentukan karakter siswa di SMPIT Al Izzah Kotabaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk mendapatkan data penulis memakai teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentar sedangkan teknik pengolahan datanya melalui editimh dan klasifikasi data. Kemudian analisis data menggunakan data deduktif yaitu, menarik kesimpulan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum kepada hal-hal yang khusus melalui dalam bentu uraian.
Hasil penelitian menunjukan (1) Karakter yang dikembangkan di SMPIT Al Izzah Kotabaru berupa: religius, jujur, disiplin, tanggung jawab dan mandiri. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Peketi dalam pembentukan karakter siswa yaitu: menjadikan guru sebagai model (contoh), mengajarkan nilai moral pada setiap pembelajaran, mengajarkan sopan santun kepada sesama, bersikap jujur dan terbuka pada kesalahan dan berbagi pengalam inspiratif. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor pendidik, faktor orang tua, faktor lingkungan, faktor sarana dan prasarana dan faktor teman sejawat
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Pembentukan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 14 Jan 2023 01:43 |
Last Modified: | 26 Mar 2023 10:04 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/14 |