PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 7 DIRGAHAYU KOTABARU

HILMY, MUHAMMAD (2022) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 7 DIRGAHAYU KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (442kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (166kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (448kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari latar belakang masalah bahwa Pendidikan Agama Islam, karena Pendidikan Agama Islam merupakan dasar dalam pembentukan kepribadian yang islami. Dalam hal ini peran serta guru agama sangat penting dan besar pengaruhnya dan juga dukungan dari faktor-faktor lain.
Berdasarkan pemikiran diatas, maka dilakukan penelitian dengan mengangkat secara jelas akan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 7 Dirgahayu Kotabaru.
Dari pokok pembahasan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas akan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 7 Dirgahayu Kotabaru.
Penelitian ini bertitik tolak dari anggapan dasar bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam akan berhasil apabila kesemua faktor pendidikan yaitu faktor pendidik, faktor anak didik, faktor sarana dan prasarana, faktor waktu dan keadaan serta faktor lingkungan saling mendukung.
Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 7 Dirgahayu Kotabaru belum terlaksana dengan semestinya, hal ini ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor pendidik (Guru), faktor anak didik, faktor sarana dan prasarana, faktor waktu dan keadaan, dan faktor lingkungan.
Adapun yang menjadi subjek dan objek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam itu sendiri yang berjumlah 1 orang. Populasi siswa dan siswi SD Negeri 7 Dirgahayu Kotabaru sebanyak 287 siswa dengan sampel sebanyak 50 orang siswa.
Sedangkan penggalian data menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data-data yang terkumpul diproses dengan teknik editing, klasifikasi data, dan analisis data.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 7 Dirgahayu Kotabaru sudah terlaksana dengan baik, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor pendidik, anak didik, sarana dan prasarana, alokasi waktu dan faktor lingkungan sudah mendukung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 21 Mar 2023 03:08
Last Modified: 21 Mar 2023 03:08
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/65

Actions (login required)

View Item
View Item