NUR IMANSYAH, MASLAN (2022) PERAN ORANGTUA DALAM MEMBIMBING BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 3 KOTABARU HILIR. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (184kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (492kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (496kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (460kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (197kB)
Abstract
Orangtua sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak mempunyai peran yang sangat penting di dalam menentukan keberhasilan pendidikan anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran orangtua dalam membimbing belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Kotabaru Hilir dan faktor-faktor Apa saja yang mempengaruhi peran orangtua dalam membimbing belajar anak pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 3 Kotabaru Hilir. Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk menjawab permasalahan yang sudah dirumuskan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 3 Kotabaru Hilir yang berjumlah 284 orang. Kemudian diambil sampel sebanyak 61 orang dari siswa kelas III dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya diolah dengan teknik editing, koding, klasifikasi, tabulating dan interprestasi data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode induktif, yaitu menyimpulkan dari hal-hal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua dalam membimbing belajar anak pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN 3 Kotabaru Hilir adalah sangat tinggi (84,43%,). Hal ini dipengaruhi oleh faktor pendidikan orangtua yang tinggi (73,77%.).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orangtua, Membimbing Anak, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 02:57 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 02:57 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/64 |