KHADIJAH, SITI (2022) UPAYA GURU DALAM MENCIPTAKAN SUASANA PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK baiki dulu.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (7kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (316kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (497kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (190kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (376kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (11kB)
Abstract
Penelitian ini mengangkat tentang Upaya Guru Dalam Menciptakan Suasana Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Fiqih di MAN Kotabaru. Anak didik sebagai warga sekolah tentu memiliki problem atau masalahnya tersendiri. Karena itu penting bagi guru untuk mengajar dengan suasana yang nyaman agar anak tidak merasa boring. Adapun masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran Fikih di MAN Kotabaru dan faktor-fakor yang mempengaruhinya. Sedangkan tujuan penelitiannya untuk menjawab rumusan masalah yang ditetapkan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang menitik beratkan pada kualitas objek. Sedangkan jenis penelitian nya adalah deskriptif yaitu menggambarkan tentang masalah yang dirumuskan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fikih yang mengajar di MAN Kotabaru yaitu Ali Nurdin, S.Ag dan A Syafruddin, S. Pd.I. Sedangkan objek penelitiannya adalah mengenai pembelajaran yang efektif dan menyenangkan tersebut. Penelitian menggunakan Teknik Observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul diproses melalui pemeriksaan data, klasifikasi, verifikasi, analisis, dan kesimpulan. Kemudian data dianalisis menggunakan metode deduktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran fiqih di MAN Kotabaru diberikan termasuk dalam kategori baik namun tetap saja ada sedikit kendala. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang ditinjau dari segi guru yang kurang siap, siswa yang mempunyai masalah baik fisik atau batinnya, orangtua yang kurang memperhatikan anak didik, sarana dan prasarana pendidikan, dan faktor lingkungan sosial yang kurang baik hingga menyebabkan anak tidak efektif dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru, menciptakan, efektif dan menyenangkan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 15:26 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 15:26 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/38 |