MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA DARUL ULUM KOTABARU

DAMAYANTI, DAMAYANTI (2022) MINAT SISWA MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA DARUL ULUM KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB)
[thumbnail of BAB I PENDAHULUAN] Text (BAB I PENDAHULUAN)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (410kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (473kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (459kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V PENUTUP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertolak belakang dari pemikiran bahwa minat merupakan salah satu faktor penentu terhadap keberhasilan seseorang dalam belajar, termasuk dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam.
Adapun masalah yang dibahas adalah bagaimana minat siswa mengikuti pembelajran daring terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Darul ulum Kotabaru serta faktor-faktor yang mempengaruhinya sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran data tentang permasalahan yang sudah dirumuskan tersebut.
Untuk memperoleh data tersebut, digunakan teknik observasi, angket online berupa google form, wawancara, dan dokumenter. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang bersekolah di orang sebagai sampel. Dalam penarikan sampel ini menggunakan teknik random sampling, yaitu 15-16 orang ditiap kelas yang dipilih secara acak.
Data yang telah terkumpul diolah dengan melalui editing, koding, tabulating dan interpretasi data kemudian dianalisis dengan metode induktif, yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus kepada hal-hal yang umum.
Hasil temuan menggambarkan, bahwa minat siswa mengikuti pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Darul Ulum Kotabaru termasuk kategori tinggi (47,33%).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat siswa mengikuti pembelajaran daring terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA Darul Ulum Kotabaru adalah tinggi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah kesadaran anak didik yang sangat tinggi, latar belakang pendidikan guru sejarah kebudayaan islam yang sudah tinggi, dan metode pembelajaran yang digunakan bervariasi, namun sebagian siswa masih cukup sulit dalam mengakses internet untuk mengikuti pembelajaran daring, bimbingan dan perhatian orangtua yang cukup rendah serta lingkungan yang cukup berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Minat Siswa, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:21
Last Modified: 17 Mar 2023 06:21
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item
View Item