PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KOTABARU

AKBAR PRATAMA, M. FAKHRIZAL (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP N 1 KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (186kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (132kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (556kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (636kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB)

Abstract

Tulisan ini memaparkan tentang peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di SMP N 1 Kotabaru. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidkan Agama Islam SMP N 1 Kotabaru yaitu Hj. Rabiatul Adawiah, S.Ag, Gusti Noor Efendi, S.Pd I, Rina Sari, S.Pd I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter, faktor pendukung dan penghambat serta solusi dalam mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah Peserta didik di SMP N 1 Kotabaru kelas VII berjumlah 260 orang, kelas VIII berjumlah 262 orang dan kelas IX berjumlah 261 orang. Teknik pengambilan data melalui observasi interview dan dokumentasi yang didapat dari sumber data yaitu responden dan dokumentasi. Untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif dengan pertimbangan bahwa penelitian ini berusaha menggambarkan dan mempresentasikan data secara sistematis, ringkas dan sederhana.
Dari hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa Peran guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter peserta didik di SMP N 1 Kotabaru sangat ditunjang oleh peran individual dan metode dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Faktor penghambat dan pendukung sangatlah berperan penting dalam pembentukan karakter peserta didik di kemudian hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media sosial, penanaman nilai-nilai, PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 14 Jan 2023 01:44
Last Modified: 26 Mar 2023 09:59
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item