HERLIANSYAH, RINDO (2022) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs NU AL FALAH TANAH BUMBU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (185kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINDO BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (572kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINDO BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (474kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINDO BAB III (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (241kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINDO BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (560kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINDO BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini beranjak dari pemikiran yang mengemukan bahwa metode pembelajaran apa yang dapat meningkatkan minat serta perhatian siswa terhadap pembelajaran. Hal demikian menjelaskan bahwa metode pembelajaran diskusi kelompok juga berperan penting dalam meningkatkan minat belajar dan perkembangan pemikiran siswa. Berdasarkan pemikiran di atas, maka dilakukan penelitian dengan rumusan masalah yaitu; bagaimana penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Falah Tanah Bumbu dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Falah Tanah Bumbu dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak yang berjumlah 1 orang guru, dan objeknya adalah penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yang meliputi; perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi serta faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan dalam penggalian data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter, setelah data-data terkumpul kemudian diolah dengan teknik editing, klasifikasi data, dan interpretasi data, dengan pendekatan kualitatif serta dianalisis dengan teknik deskriptif dan tarik kesimpulan dengan metode deduktif.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Falah Tanah Bumbu terlaksana dengan baik dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang tepat. Hal ini dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang di ajarkan, pengalaman mengajar yang cukup lama, peran guru dalam mengarahkan dan memotivasi siswa serta lingkungan orang tua yang berpendidikan yang tepat dalam mendukung penerapan metode pembelajaran diskusi kelompok pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Al Falah. Tanah Bumbu
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 26 Mar 2023 09:19 |
Last Modified: | 26 Mar 2023 09:19 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/105 |