PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 DIRGAHAYU KOTABARU

MASNAWATI, MASNAWATI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDN 3 DIRGAHAYU KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
7. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (109kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
8. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (242kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (291kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (478kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (384kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (115kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kecenderungan siswa yang mempunyai sikap “anti sosial” ditandai dengan sering membolos, diskors dari sekolah dan lain sebagainya, itu dikarenakan tidak pernah menghiraukan dan mendengarkan saran maupun nasehat dari guru. Maka hal itu sangat diperlukan adanya perhatian orang tua dan lembaga pedidikan apabila di sekolah, karena apabila dibiarkan akan merugikan berbagai pihak. Bagi lingkungan sekolah akan menghambat proses pembelajaran serta akan mengganggu atau menghambat proses pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter di SDN 3 Dirgahayu Kotabaru? (2) Bagaimana karakter siswa di SDN 3 Dirgahayu Kotabaru? (3) Faktor apa saja yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter di SDN 3 Dirgahayu Kotabaru?
Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter Siswa yaitu sebagai fasilitator, sebagai motifator dan sebagai inovator. Kedua, karakter peserta didik di SDN 3 Dirgahayu Kotabaru yaitu ada karakter religius, disiplin dan peduli sosial. Ketiga, faktor yang mempengaruhi guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter siswa yaitu terdiri dari faktor intern dan faktor eksteren diantaranya faktor intern berasal dari siswanya sendiri yaitu kesadaran dari siswanya akan pentingnya berkarakter sesuai ajaran islam sedangkan faktor eksternalnya berasal dari lingkungan keluarga sekolah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Mr Nuhjan Nuhjan
Date Deposited: 24 Mar 2023 05:50
Last Modified: 24 Mar 2023 05:50
URI: http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/81

Actions (login required)

View Item
View Item