FAUZAN ILMI, MUHAMMAD (2022) BIMBINGAN ORANGTUA TERHADAP ANAKNYA DALAM BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MIN 1 KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (275kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (518kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (769kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (149kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (444kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (107kB)
Abstract
Skripsi ini mengangkat masalah tentang “Bimbingan orangtua terhadap anaknya dalam belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Kotabaru”. Berdasarkan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan orangtua terhadap anaknya dalam belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Kotabaru dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi bimbingan orangtua terhadap anaknya dalam belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Kotabaru.
Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenisnya adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 371 orang yang tersebar dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 di MIN 1 Kotabaru. Kemudian penulis mengambil sampel dengan teknik purposive randum sampling yaitu suatu penarikan sampel yang menetapkan ciri-ciri tertentu terhadap objeknya. Kemudian dari populasi 371 orang ditarik lebih kurang 27% yaitu berjumlah 100 orang yang merupakan orangtua dari siswa. Dalam pengumpulan data tersebut penulis menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumenter.Adapun untuk Teknik pengolahan data ini penulis menggunakan beberapa Teknik, diantaranya editing, koding, tabulating dan interpresasi data. Sedangkan untuk analisis data yaitu data yang telah dikumpulkan diolah, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, yaitu dengan menganalisa data dan masing-masing variabel yang telah dicapai sesuai dengan rumusan masalah yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan orangtua terhadap anaknya dalam belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MIN 1 Kotabaru adalah Baik (79,8%) sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu Orangtua yang baik dalam membimbing (66,6%), Anak yang Baik Ketika di Bimbing (66%), dan Sarana Prasarana yang Lengkap (78%).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Orangtua, Belajar dan Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 18 Mar 2023 04:36 |
Last Modified: | 18 Mar 2023 04:36 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/45 |