SAFITRI, RAFIKA NOOR (2022) PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTsN 2 KOTABARU. Sarjana thesis, STIT DARUL ULUM KOTABARU.
![[thumbnail of ABSTRAK]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (184kB)
![[thumbnail of BAB I]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (419kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (451kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (318kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (672kB)
![[thumbnail of BAB V]](http://repository.stitdukotabaru.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V (word).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (200kB)
Abstract
Pendidikan tidak cukup hanya dengan mengutamakan ilmu dan pengetahuan saja atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), namun juga diperlukan pembinaan terhadap pribadi dan moral anak agar menjadi insani yang berakhlak atau menciptakan insani yang memiliki iman dan taqwa (IMTAQ). Penanaman nilai-nilai agama yang sesuai akan mempengaruhi kualitas akhlak siswa. Mendasari yang demikian maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlak siswa di MTsN 2 Kotabaru. Dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa di MTsN 2 Kotabaru.
Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, dimana peneliti dalam menganalisis data-data yang terkumpul menggunakan kata-kata. Dan jenis penelitiannya ialah jenis diskriptif. Penggalian data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan documenter. Pengolahan data dilakukan dengan editing dan klasifikasi data. Setelah data diolah maka langkah selanjutnya analisis data dengan teknik induktif, yakni mengambil kesimpulan dari yang khusus ke umum.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembinaan akhlak siswa MTsN 2 Kotabaru sudah terlaksana dengan baik. Pembinaan akhlak siswa, meliputi memberikan nasehat berupa cerita-cerita, memberikan teguran, Membiasakan bertutur kata sopan dan santun, tata cara pergaulan, ekstrakurikuler dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar peraturan yang berlaku di sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan akhlak siswa oleh guru MTsN 2 Kotabaru terlaksana dengan baik adalah faktor waktu dan kesempatan yang dimiliki oleh guru akidah akhlak yang menunjang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa, diantaranya waktu saat pembelajaraan berlangsung, faktor keteladanan guru akidah akhlak yang mendukung terhadap pembinaan akhlak siswa, berkepribadian yang baik, bertutur kata yang sopan dan mengikuti shalat bersama, dan faktor siswa berhasil atau tidaknya pembinaan akhlak juga dipengaruhi oleh latar belakang siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembinaan, Akhlak, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Mr Nuhjan Nuhjan |
Date Deposited: | 17 Mar 2023 14:25 |
Last Modified: | 17 Mar 2023 14:25 |
URI: | http://repository.stitdukotabaru.ac.id/id/eprint/32 |